Tips Berbisnis

Tips Berbisnis Kuliner Terbaik

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Dengan memiliki bisnis kuliner, potensi sukses bisa lebih tinggi dibanding bisnis lainnya. Namun, persaingan di bidang ini juga sangat ketat, Anda memerlukan strategi khusus untuk bisa bersaing dengan bisnis yang sama agar bisa bertahan dan berkembang dengan baik. Berikut adalah beberapa tips penting yang bisa Anda ikuti untuk bisnis kuliner yang akan atau sedang Anda jalani.

Tips berbisnis kuliner yang pertama adalah modal awal. Banyak calon pengusaha yang terkadang merasa takut dan khawatir dengan modal awal yang harus disediakan untuk memulai usaha. Padahal, modal bukanlah masalah besar, kreativitas adalah modal termahal.

Jika Anda dibatasi oleh modal (uang), Anda bisa mengundang orang-orang terdekat yang bisa dipercaya untuk meminjamkan modal atau mengajak mereka untuk menjadi pasangan Anda dalam menjalankan bisnis. Namun, perhatikan, karena modal merupakan isu yang sangat penting dan sensitif, maka pastikan untuk membuat kesepakatan yang jelas dan mengikat dari awal bisnis.

Kedua yakni, lokasi strategis. Jika Anda memiliki tempat sendiri di lokasi yang strategis, mungkin akan sangat menguntungkan. Tapi bagaimana jika Anda tidak memilikinya, sedangkan sewa tempat usaha di lokasi yang strategis biasanya sangat mahal. Jika ini adalah salah satu masalah Anda untuk memulai bisnis, jangan khawatir, Anda mungkin bisa menemukan pasangan dengan lokasi yang strategis, lalu bermitra dengan sistem bagi hasil.

Cara lain, Anda bisa mulai berpikir untuk membuka usaha kuliner kecil dengan menggunakan sistem stan yang tidak memerlukan banyak modal sekaligus sebagai sewa lahan yang relatif kecil. Dengan menggunakan stan, Anda bisa berjualan di lokasi strategis misalnya di halaman minimarket, tanpa harus menghabiskan banyak biaya sewa tempat.

Tips berbisnis kuliner yang terakhir adalah menu andalan. Tahukah Anda bahwa persaingan di dunia kuliner juga sangat ketat, memiliki karakteristik yang membuat pelanggan mudah diingat produknya lebih bernilai. Karena itu, perlu menu andalan sebagai ciri khas bisnis kuliner Anda.

Menu andalan tidak harus sesuai dengan standar saat ini dengan rasa internasional. Anda bisa membawa menu lokal yang unik namun memiliki nilai lebih. Pastikan Anda telah menguji menu dan mendapatkan pengakuan yang baik dari orang-orang terdekat dulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s